Dampak Pelatihan TOT terhadap Masyarakat Mandala Mekar

  • Nov 27, 2018
  • wahyuni

Pelatihan Training Of Trainer yang diadakan oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) di Desa Mandala Mekar Kec. Jatiwaras Kab. Tasikmalaya dimulai dari tanggal 21-30 November 2018, diikuti oleh 18 Provinsi di Indonesia yang terdiri dari 52 orang.

Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan TOT ditempatkan di rumah-rumah warga. Seluruh peserta dapat memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki warga dengan gratis. Disisi lain warga Mandalamekar  sangat diuntungkan dengan adanya kegiatan TOT di desa mereka. Karena adanya kegiatan ini membantu menambah penghasilan warga.

Menurut pengakuan  Kokom (60) yang merupakan pedagang di sekitar kegiatan TOT, penghasilan sehari-harinya naik secara drastis. Yang awalnya menghasilkan Rp. 250.000,-/hari dengan adanya kegiatan TOT beliau dapat menghasilan Rp. 500.000,-/hari. Selain itu kegiatan ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi sebagian warga. Pihak panitia mempercayai warga untuk mengelola makanan peserta yang diberi upah Rp. 100.000/hari.

Selain secara ekonomi, kedatangan peserta TOT juga membawa suasana yang berbeda. Desa menjadi ramai dan masyarakat dapat berinteraksi dengan peserta yang berasal dari berbagai latar belakang agama, suku dan budaya. Sehingga warga sangat berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan.(27/11/18)

[caption id="attachment_641" align="alignnone" width="300"] selesai interview[/caption]