Menambah Pendapatan Ekonomi, Warga Lubuk Kertang Buat Bonsai Kelapa.

Proses tumbuh kembang Bonsai Kelapa.

Bonsai adalah membuat tanaman atau pohon di dalam pot yang dangkal dengan tujuan membuat miniatur atau hiasan dari bentuk asli pohon yang sudah tua di alam bebas.

Kelapa adalah salah satu pohon yang memiliki berbagai manfaat. Baik dari batang, buah, daun, lidi, akar bahkan sampai dengan sabut kelapanya.

“Saya melihat disekitar rumah banyak buah kelapa yang sudah tua dibiarkan saja bahkan ada yang sampai tunasnya tumbuh. Maka saya berpikir bagaimana agar kelapa ini menjadi sesuatu yang indah, unik bahkan sumber penghasilan tambahan”, ujar M. Rizal selaku pembuat Bonsai Kelapa (Janggus,07/11/2019).

Ia juga menjelaskan cara pembuatan Bonsai Kelapa tersebut. “Kelapa tua tersebut dikupas sampai tumbuh tunas, lalu kupas sabut kelapa pada bagian belakang. Jika sudah keluar batang tunas maka dibelah dan dimasukkan ke dalam pot/wadah yang berisi air. Setelah itu biarkan kelapa sampai berkembang di dalam pot berisi air dan tumbuh akar”, tambah beliau.

Perawatan Bonsai Kelapa ini tidaklah sulit, hanya perlu memperhatikan kesehatan kelapa tersebut. Apakah terserang hama atau tidak. Selebihnya tidak diperlukan perawatan khusus.

M. Rizal warga Lubuk Kertang selaku pembuat Bonsai Kelapa.

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*