Program On Farm Petani Mandiri di desa Lubuk kertang

Kegiatan peninjauan ke lahan pertanian yang mengikuti program On Farm.

Program On Farm Petani Mandiri merupakan kerjasama antara Bumdes Lubuk Kertang, Bulog, BNI, PT. Jasindo Kreasi Mandiri, PT. Pupuk kujang, dan Asuransi Jasindo yang di fasilitasi oleh PTI (Pemuda Tani Indonesia) dan bertujuan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian desa Lubuk Kertang.

Produk yang digunakan untuk meningkatan produksi padi merupakan produk organik yaitu pupuk Biotec dan Hormon pasopati yang dikombinasi dengan pupuk kimia NPK Kujang.

Ternyata kombinasi pupuk tersebut yang digunakan dapat meningkatkan produksi hasil panen petani yang biasa produksinya /ha hanya sekitar 5-6 ton tetapi dengan menggunakan pupuk biotec, pasopati dan pupuk NPK Kujang produksi tanaman padi yg diperoleh mencapai 7-8 ton/ha.

Tentunya dengan adanya pendampingan oleh petugas lapangan yg selalu mengarahkan dan memantau tanaman padi desa Lubuk Kertang.

M. Sandy Prayudi, S.Agr selaku pendamping petani menyampaikan untuk musim tanam berikutnya diharapkan produksi dapat meningkat mencapai 8-10 ton/ha, dan  Kamalia S.P selaku sekretaris bumdes berharap Bumdes Lubuk Kertang dapat menampung dan memasarkan produsksi beras desa Lubuk Kertang.

Kepala desa Lubuk kertang Zul Insan sangat mengharapkan program ini dapat berkelanjutan agar cita-cita warga lubuk kertang menjadikan desa Lubuk Kertang sebagai desa lumbung padi di Indonesia.

Contoh hasil padi menggunakan Biotec dn Pasopati hormon
Pasopati.

Pupuk NPK Kujang

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan